Viola Putri

Pengertian SERP Dan Kunci Tampil Di SERP

Pengertian SERP Dan Kunci Tampil Di SERP

Pengertian SERP Dan Kunci Tampil Di SERP. Dalam dunia blogging kita akan sering dihadapkan dengan kata SEO dan SERP. 2 kata ini mencerminkan kemampuan seseorang membangun sebuah blog. Langkah awal seorang blogger yaitu mampu menghasilkan konten.
http://ghan-noy.blogspot.com/2016/12/pengertian-serp-dan-kunci-tampil-di-serp.html
Di dalam konten penerapan SEO sangat dibutuhkan agar mudah terindex oleh search engine. Setelah itu kita akan bersaing dengan blogger lain untuk posisi SERP ini.

Adapun masalah SEO sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Tujuan dari SEO adalah mampu tampil di SERP. Jadi kali ini saya akan membahas pengetian SERP secara singkat.

Apa itu SERP?

SERP (Search Engine Result Page) adalah daftar halaman yang ditampilkan oleh search engine sebagai bentuk respon atas keyword tertentu yang diketik oleh pengguna internet. Setiap halaman SERP menampilkan 10 hasil pencarian. Hasil yang ditampilkan biasanya berupa daftar halaman situs web disertai judul, link yang mengarah ke situs web dan ada deskripsi singkat yang mempunyai relevansi dengan keyword yang diketik.

Kunci sukses agar blog tampil di SERP

http://ghan-noy.blogspot.com/2016/12/pengertian-serp-dan-kunci-tampil-di-serp.html
1.  Menentukan topik yang tepat
Sebelum Anda memulai blogging pastikan dahulu topik atau tema blog yang dipilih benar – benar sesuatu yang Anda kuasai. Jangan terbawa topik yang ramai dengan persaingan tinggi dan banyak peminat, tetapi Anda nihil  ilmunya. Pilihlah topik sesuai dengan yang Anda sukai atau setidaknya sesuatu yang Anda tertarik dengannya. Membangun blog jangka panjang membutuhkan konsistensi dalam mengupdate artikel baru. Jadi buat apa memilih topik yang ramai, tetapi tidak dapat update artikel secara continyu.

Blog / situs web yang fokus pada topik tertentu akan menjadikan blog Anda rujukan bagi blogger lain. Dengan menjadi blog rujukan banyak orang tentu saja akan semakin baik di mata search engine. Hasilnya pun peluang tampil di SERP akan bertambah besar.

2.  Menentukan nama domain
Untuk menentukan nama domain sangat penting mengunakan strategi SEO. Pilihlah nama domain yang mempunyai kemiripan dengan topik blogmu. Misalnya Anda memilih topik blog “SEO” maka Anda dapat menggunakan nama domain “BelajarSEOku” / “Cara SEOku” atau silahkan pilih alternatif lain yang mengandung keyword dari topik tersebut.

Usahakan nama domain tidak terlalu panjang agar orang lain mudah mengingatnya. Pengguna internet biasanya lebih menyukai nama yang ringkas, tetapi menggambarkan isi dari blog tersebut. Situs web yang tampil di SERP biasanya didominasi oleh nama domain yang seperti ini.

3.  Keberadaan keyword
Setelah Anda selesai menentukan topik dan nama domain. Langkah selanjutnya adalah membuat kategori topik tersebut dengan unsur keyword. Kalau topik blog Anda membahas SEO maka kategorinya berupa tips SEO, tutorial SEO, dasar SEO, dan sebagainya.

Langkah berikutnya adalah pembuatan konten yang mengandung unsur SEO. Sebaiknya Anda memilih persaingan yang rendah untuk menentukan judul konten. Gunakanlah Adwords keyword planner milik Google. Artikel yang SEO di dalamnya selalu berisi keyword berdasarkan judul konten. Letakkan keyword seperlunya saja jangan terlalu banyak sehingga akan dianggap keyword spam.

Perhatikan juga permalink Url konten tersebut ubahlah secara manual sesuai dengan judul konten. Begitu juga descripsion berikan ulasan ringkas dari konten tersebut.

Dengan 3 kunci di atas kemungkinan blog Anda tampil diSERP akan terbuka walaupun harus bersaing dengan blogger yang sudah berpengalaman. Sekian dari saya jika ada sesuatu yang saya lewatkan silahkan Anda memberi masukan pada kolom komentar.

Viola Putri

About Viola Putri -

Kumpulan Berbagai Macam Artikel. dari Berita, Mancanegara, Kesehatan, Kecantikan, Bisnis, Unik, Menarik, Horor, Automotif, Tipis, Resep Makanan.

Subscribe to this Blog via Email :