Tips Mudah Membuat Judul Artikel Memikat Pembaca

Tips Mudah Membuat Judul Artikel Memikat Pembaca

Tips Mudah Membuat Judul Artikel Memikat Pembaca. Salah satu rutinitas blogger adalah menulis artikel untuk menjaga supaya pembaca mau kembali lagi berkunjung ke situs mereka. Sebagian blogger menulis artikel secara berkala tergantung kemampuan masing - masing. Jika memungkinkan mereka akan mempublikasikan artikel setiap hari untuk menyenangkan pengunjung mereka.

http://ghan-noy.blogspot.com/2016/12/tips-mudah-membuat-judul-artikel.html

Akan menjadi kekecewaan yang mendalam jika mendapati artikel yang diusahakan dengan susah payah menguras tenaga dan pikiran, tetapi tidak ada pengguna internet yang mau berkunjung. Jangankan mau membuka situs untuk membaca melihat judul artikelnya saja mereka akan ragu – ragu.

Perlu diketahui bahwa hal utama yang dapat mempengaruhi seseorang untuk membaca sebuah karangan adalah judul yang menarik. Dalam sepersekian detik judul akan membawa kesan kepada mata bahkan sebelum pembaca membaca sebagian deskripsi artikel tersebut. Oleh karena itu penting bagi siapapun untuk membuat judul yang tepat dan menarik sebelum mempsting sebuah konten artikel.

Tips membuat judul artikel yang memikat

 1.  Melakukan Riset Keyword (Kata Kunci) Populer

Sebelum anda membuat sebuah artikel pastikan dahulu bahwa hal tersebut benar – benar sesuatu yang dicari orang. Jangan membuat karangan yang sepi peminat pembaca. Apa gunanya membuat artikel yang baik tetapi prospek pembaca hanya segelintir orang saja.

Carilah topik yang populer dalam waktu lama dan jangan mencari topik yang sedang populer, tetapi hanya bertahan beberapa hari saja. Ini akan lebih baik bagi anda dalam mempertahankan kualitas artikel yang anda hasilkan. Artikel yang baik tidak akan dibuat secara instan, tetapi melalui proses pemikiran yang matang.

2.  Menyisipkan Keyword Pada Judul

Setelah menentukan keyword yang cocok anda harus menyisipkan keyword tersebut ke dalam judul artikel tersebut. Ini akan memudahkan search engine untuk mengindeks artikel dan membuka peluang untuk tampil di SERP  terutama Google. ( Baca : Pengertian SERP Dan Kunci Tampil Di SERP ). Pengguna internet secara alami akan memilih membaca artikel pada halaman awal search engine karena bobot artikel yang dimuat pasti berkualitas dari yang lainnya.

Ada beberapa cara meletakkan keyword yaitu pada awal kalimat, ditengah kalimat, atau diakhir kalimat. Perhatikan 3 contoh judul di bawah ini
  • 1.  7 Optimasi SEO Onpage Terbaik dan Terakurat
  • 2.  Cara Jitu Optimasi SEO Onpage yang Diremehkan
  • 3.  Cara Mudah Melakukan Optimasi SEO Onpage 
Dari ke-3 judul di atas cara yang sering digunakan para blogger adalah yang pertama dan kedua. Adapun cara yang ketiga (keyword diakhir kalimat) kurang diminati karena terdapat unsur basa - basi yang berlebihan.

3.  Menggunakan Longtail Keyword (Kata Kunci Panjang)

Mengapa harus longtail keyword dan bukan shorttail keyword? Ini karena persaingan shorttail keyword pada search engine sangat ketat dan kemungkinan anda kalah bersaing dengan para pakar SEO sangat besar. Ini seperti anda sendirian melawan sekelompok besar petarung handal.

Oleh karena itu cara paling mudah adalah anda membuat judul artikel yang panjang. Ada hal lain mengharuskan anda memilih longtail keyword.

4.  Menambahkan Kata – Kata yang Unik, Ajaib Dan Heboh

Untuk memikat calon pembaca mau membaca artikel anda dibutuhkan strategi dan kreatifitas dalam merangkai kata – kata. Judul yang terlalu umum tidak akan dilirik secara emosional. Calon pembaca akan mencari sesuatu yang berbeda dan unik dari judul tersebut. Coba anda perhatikan contoh di bawah ini
  • 1.  Bagaimana Melakukan Optimasi SEO Onpage
  • 2.  Cara Rahasia Optimasi SEO Onpage Paling Efektif
Dari kedua judul  di atas cara no.2 adalah cara yang paling baik membawa kesan positif terhadap calon pembaca. Sedangkan judul no.1 terlalu kaku dan terkesan biasa – biasa saja.

Oleh karena itu anda memerlukan kata – kata fenomenal yang membawa kesan emosional. Ada beberapa kata yang dapat anda pergunakan sebagai senjata andalan yaitu
  1. Mudah
  2. Rahasia
  3. Terbaik
  4. Inilah
  5. Alasan
  6. Angka – angka
  7. Manfaat
  8. Murah
  9. Jitu
  10. Utama
  11. Efektif, dan lain - lain
Mengenai kata – kata fenomenal ini anda dapat menggabungkan 2 kata dalam 1 judul artikel. Yang terpenting judul yang akan anda muat harus memberi kesan unik, spesial, dan membuat penasaran.

Jika saya dalam memberikan tips ini masih ada yang terlewatkan silahkan anda tanbahkan pada kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments