Apasih Arti Domain Authority dan Page Authority itu?

DOMAIN AUTHORITY & PAGE AUTHORITY

Apasih Domain Authority & Page Authority itu? Mungkin teman-teman disini sering mendengar tapi ada juga yang masih rancu untuk membedakan keduanya. Berikut saya coba jabarkan : 

1. Domain Authority
Domain Authority merupakan sebuah nilai suatu domain (termasuk subdomain dan halaman lainnya yang masih satu domain) yang diberikan oleh MOZ yang merupakan salah satu situs terpercaya untuk bidang SEO (untuk skala yang diberikan 0-100). DA ini dijadikan acuan untuk beberapa praktisi SEO dalam menentukan mudah atau tidaknya sebuah website memiliki ranking di Search Engine. 

2. Page Authority
Lalu bagaimana dengan Page Authority? Tidak jauh berbeda dengan DA, Namun untuk PA, merupakan sebuah nilai dari salah satu halaman nya saja. Jadi untuk setiap halaman website pasti memiliki PA yang berbeda-beda. Kegunaannya pun masih sama untuk mengukur seberapa bagus halaman website tersebut untuk muncul dalam SERP.

Apa Saja Metric yang Mengukur Nilai DA & PA ?

https://ghan-noy.blogspot.com/2020/01/apasih-arti-domain-authority-dan-page.html
Nah untuk yang satu ini ada beberapa metric yang dijelaskan oleh MOZ, diantaranya :

1. Onpage : Untuk onpage disini banyak metric-metric yang digunakan diantaranya beberapa rekomendasi SEO yang kita berikan, mulai dari URL Structure, penggunaan Heading (H1, H2, H3,etc..) , Meta Title & Descriptionnya, alt tag, dan tentunya content yang berkualitas baik dari sisi informasinya maupun tulisan yang bukan hasil copy paste.

Dan Dalam sisi content juga diperlukan adanya fresh-content untuk mengupdate informasi seputar website tersebut, sehingga website tersebut terlihat update dimata search engine. Selain itu didalam content itu sendiri juga diperlukan adanya internal link untuk menghubungkan relasi antar halaman, hal ini dapat mempermudah Bot dari Search Engine untuk mencrawl setiap halaman yang ada dalam website tersebut.

2. Offpage : Untuk offpage sendiri lebih mengedepankan dari kualitas backlink yang dibuat mulai dari keterkaitan backlink dengan kategori websitenya itu sendiri. Jadi selain semakin banyak semakin bagus, tentu yang terbaik yang memiliki kualitas backlink yang lebih bagus. Baik dari sisi konten yang dibangun dalam backlink tersebut maupun tempat yang memang benar-benar powerful dalam membuat backlink, dan yang terpenting adalah RELATED!!!.

Namun seperti yang pernah diinformasikan baru-baru ini MOZ menampilkan yang namanya Spam Score (Skala 0/17, Makin Tinggi Makin buruk) dalam DA & PA. Hal ini menjadi acuan MOZ untuk memilah-milah jenis backlink yang memiliki kualitas Spam yang buruk. Search Engine Google juga menyarankan untuk melakukan Disavow Link untuk beberapa website yang dianggap Spam dan bukan dibuat oleh Developernya. Namun spam score ini hanya perkiraan metric yang diberikan oleh MOZ, jadi tidak sepenuhnya akurat, Si Web Dev juga perlu mempertimbankan kembali list-list domain yang dikategorikan sebagai Spam Score yang buruk.

3. Umur Domain : Ternyata dalam beberapa situs juga menyatakan bahwa Umur domain berpengaruh untuk berkembangnya nilai DA & PA sebuah website.

Berapa Sih Idealnya DA/PA dikatakan Bagus?

Untuk hal ini saya sendiri belum bisa membandingkan Kategori Website A Benchmarknya sekian B Sekian, namun dari yang saya baca di penjelasan MOZ sendiri, DA & PA Sebuah halaman sudah bisa dinyatakan baik kalau sudah diatas 30 dan untuk naik ke angka yang lebih tinggi butuh pengimplementasian Metric-Metric yang sudah saya jabarkan diatas secara benar dan tepat tentunya.

So.. klo Masih bingung sama pengertian DA & PA? Coba liat sumbernya saja yah disini: https://moz.com/learn/seo/domain-authority.

Post a Comment

0 Comments